Amira Halimatu Sadiyah

Amira Halimatu Sadiyah


Kamu Wajib Tahu! Ini Dia 5 Formula Agar Copywritingmu Anti Ditolak Market!
Kamu Wajib Tahu! Ini Dia 5 Formula Agar Copywritingmu Anti Ditolak Market!

Ada 5 alasan yang umumnya membuat market berkeberatan atau menolak terhadap apa yang kita tawarkan di dalam copywriting.

Halo sobat-Fight!

Informasi kali ini akan dikhususan untuk para sobat-Fight yang lagi concern buat fighting alias berjuang dibidang copywriting. Sobat-Fight pasti udah gak asing lagi dengan istilah rumus AIDCA, PPPP, ACCA, AIDA,PAS dan lain-lainnya yang biasanya digunakan untuk melahirkan copywriting yang menarik. Eh, tapi tahu gak sih, ternyata ada beberapa formula lain yang perlu sobat-Fight ketahui untuk mengantisipasi copywriting punyamu yang keren itu ditolak market.

Ada 5 alasan yang umumnya membuat market berkeberatan atau menolak terhadap apa yang kita tawarkan di dalam copywriting. Kelima alasan tersebut adalah I Don't Have Time, I Don't Have Enough Money, It Won't Work For Me, I Don't Believe You dan I Don't Need It.

Untuk lebih mengenal lagi tentang kelima poin dasar alasan berkeberatan ini, kita perlu kupas tuntas agar sobat-Fight bisa berfokus untuk menemukan strategi yang pas untuk upgrading copywritingmu.

Berikut pembahasannya!

Alasan Berkeberatan 1 : Aku Gak Punya Cukup Waktu (I Don't Have Time)

Objek market ini adalah tipe orang-orang yang super sibuk, biasanya mereka menolak dengan alasan “aku terlalu sibuk”, “ada banyak banget urusan yang harus aku selesaikan” dan “ mungkin aku bisa mencobanya lain kali saja”. Pada intinya, karena saking hecticnya, mereka tak punya banyak waktu untuk membaca penawaran yang panjang. Karena itulah, mereka tak pernah tahu solusi apa yang dibawa oleh copywritingmu.

Alasan Berkeberatan 2 : Aku Gak Punya Cukup Uang  (I Don’t Have Enough Money)

Ada tiga kemungkinan yang terjadi pada objek market ini, pertama, orang-orang ini merasa bahwa mereka tidak memiliki cukup uang untuk membeli produk atau jasa yang tengah ditawarkan,. Kemungkian kedua, mereka sebenarnya memiliki cukup uang, tetap merasa produk/jasa yang ditawarkan tidak “worth it” dengan harga yang diberikan. Dan kemungkinan terakhir, mereka bisa saja membandingkan harga produk/jasa yang kamu tawarkan dengan harga produk/jasa yang ditawarkan oleh pesaing, dari segi harga mau pun kualitas.

Alasan Berkeberatan 3 : Kayaknya, Itu Gak Akan Berhasil Buatku (It Won’t Work for Me)

Orang ini berpikiran bahwa solusi atau produk yang sedang sobat-Fight tawarkan itu tidak akan bisa menyelesaikan permasalahan mereka. Bisa jadi dikarenakan ada latar belakang kegagalan atau mungkin mereka berpikir bahwa mereka membutuhkan sesuatu yang khas bagi diri mereka yang kekhasannya itu tidak ada di dalam produk atau solusi yang sobat-Fight tengah tawarkan.

Alasan Berkeberatan 4 : Aku Gak Percaya (I Don’t Believe)

Adanya ketidakpercayaan pada market ini bisa disebabkan dari sebuah kegagalan dan banyaknya kekhawatiran seperti “Kenapa aku harus beli produk ini? Kalo ke depannya ada apa-apa gimana?”. Ada hal-hal yang membuat mereka khawatir dan ketakutan bagaimana menangani keadaan ke depannya jika mereka memilih untuk membeli produk yang baru.

Alasan Berkeberatan 5 : Kayaknya Aku Gak Butuh (I Don’t Need It)

Seperti yang sudah tergambarkan pada judul, orang-orang ini merasa bahwa mereka tidak membutuhkan solusi yang Sobat-Fight coba tawarkan, karena mereka merasan penawaran itu tidak akan meningkatkan kehidupan mereka. 



Setelah mengetahui alasan penolakan oleh market yang beragam, maka langkah berikutnya yang dapat sobat lakukan adalah dengan memberikan counter-argument, yakni memberitahu pada market bahwa rasa keinginan mereka untuk menolak produk atau jasa yang sedang kita tawarkan itu adalah sebuah “kesalahan”. Kemudian, untuk menguatkan timbulnya perasaan tersebut, rangkailah counter-argument ini menjadi sebuah copywriting dengan menggunakan bahasa yang lebih menarik dan persuasif.


Agar lebih mudah, kita coba gunakan table.
















Objection (Penolakan)Counter-ArgumentCopywriting
Aku Gak Punya Cukup WaktuIni tuh cuma butuh 5 menit aja buat menyelesaikan masalahmu.Ubah Hidupmu Dalam 5 Menit!
Aku Gak Punya Cukup UangInI tuh terbiang lebih hemat, fleksibel dan menguntungkan dalam jangka waktu yang panjangHarga Miring Yang Dibekali Pembinaan dan Hasil Yang Terjamin.
Kayaknya, Itu Gak Akan Berhasil BuatkuIni tuh udah dirancang dengan mempertimbangkan kebutuhanmu.Ini Dia Solusi Yang Selama ini Kamu Cari!
Aku Gak PercayaKami sudah menjalani bisnis ini selama 50 tahunKami Sudah Memberikan Solusi Efektif Selama 50 Tahun
Kayaknya Aku Gak ButuhKami memiliki fitur yang kamu butuhkan dan keunggulan lainnyaSolusi Kami Membantu Anda Membangun Masa Depan yang Lebih Baik

Tapi, perlu diingat juga bahwa kelima alasan berkeberatan di atas adalah alasan yang umum. Ada kemungkinan juga alasan berkeberatan pada market itu bersifat spesifik. Hal-hal yang spesifik ini bisa didiskusikan dengan tim marketing, yang nantinya akan menghasilkan berbagai strategi dan solusi spesifik dalam pembuatan copywriting.

 Seperti misalnya,

  • Produk yang ditawarkan tidak lebih bagus dari produk yang ditawarkan oleh pesaing.
  • Market sudah terikat kontrak dengan produk pesaing.
  • Market tidak bisa memastikan bahwa orang-orang yang terkait di dalamnya akan setuju dengan perubahan produk (Market sebagai distributor/suppyler)

So, setelah tau beberapa alasan penolakan dari market, untuk ke depannya sobat-Fight bisa mengingat bahwa orang-orang akan dihadapkan pada sebuah pilihan. Apakah mereka akan membaca apa yang sobat sampaikan atau langsung mengabaikannya?

Maka, bantulah mereka untuk bisa mendengarkan solusi yang kamu bawa dengan copywritingmu yang berterima.



Referensi Bacaan :


Rebekah Villon (2021) - The 5 Basic Objections Copywriting Formula dapat diakses di


https://procopytips.com/5-basic-objections-copywriting-formula/


5 Basic Objections: How to Raise Them and Refute Them dapat diakses di


https://www.nonprofitcopywriter.com/basic-objections.html


https://twitter.com/elisabetguwanto/status/1670382004918177792?s=20