Pemanfaatan Teknologi Di Bidang Pendidikan
Pemanfaatan Teknologi Di Bidang Pendidikan

Peran teknologi informasi di bidang pendidikan sangatlah penting, dengan adanya teknologi kita sebagai para pelajar semakin dipermudah mencari materi-materi pembelajaran di internet. Pemanfaatan teknologi dalam bidang Pendidikan maupun kehidupan sehari-hari sangat berperan penting bagi kita.

Pemanfaatan Teknologi Di Bidang Pendidikan

Teknologi adalah ilmu yang dikembangkan manusia untuk menciptakan tata cara tertentu, lebih praktis, canggih dan memudahkan kehidupan. Contoh teknologi, sekarang hadir dalam bentuk mesin, alat komunikasi, dan lain-lain. Teknologi dapat memberikan pengaruh baik untuk kehidupan. Teknologi bermanfaat untuk mempermudah menerima informasi, mempermudah komunikasi antar mansia.

             Pemanfaatan teknologi sangat berpengaruh terhadap bidang Pendidikan pada zaman sekarang. Peran teknologi dalam dunia Pendidikan sangat berkembang pesat karena jaman yang semakin maju, maka dari itu kebutuhan teknologi sangat diperlukan dizaman era globalisasi saat ini. Manfaat teknologi dalam bidang Pendidikan banyak sekali. Dengan adanya teknologi kita dapat mencari materi pelajaran seperti rumus cepat, referensi, semuanya bisa diakses melalui internet.

            Tujuan utama teknologi Pendidikan dalam pembelajaran adalah untuk memecahkan masalah belajar atau memfasilitasi pembelajaran, dan untuk meningkatkan kinerja. Pemanfaatan teknologi dalam bidang Pendidikan juga masih banyak lagi tentunya seperti sebagai berikut, yang pertama dapat menambah wawasan dengan mudahnya mencari sumber pengetahuan membuat kita menambah wawasan dari internet yang asalnya kita tidak tahu menjadi tahu, yang kedua meningkatkan kemampuan belajar, dengan adanya teknologi kemampuan belajar siswa akan meningkat kareana materi pembelajaran yang ada di internet mudah dipahami dan bisa dilihat beberapa kali sehingga memudahkan bagi siswa untuk mencari segala sesuatu hal yang berkaitan dengan pembelajarannya seperti adanya platform YouTube dan lain-lain, dan yang ketiga belajar lebih mudah dan fleksibel dengan adanya handphone kita sebagai siswa lebih mudah belajar di manapun dan  kapanpun. Kita dapat mengikuti pembelajaran dimanapun bisa diluar rumah, di taman, dan tempat lainya. Manfaat tekonologi berperan penting terhadap guru yaitu memudahkan para guru dalam menyampaikan materi. Yang biasanya guru hanya menerangkan secara verbal, untuk sekarang para guru dapat menggunakan teknologi untuk memperlihatkan materi yang menarik secara visual. Manfaat untuk peserta didik menjadikan lebih nyaman dan tidak jenuh atau monoton dalam pembelajaran.

            Jika kita hidup tanpa adanya teknologi maka kita akan merasakan kesulitan dan merasa hidup di zaman purba seperti dulu. Di mana belum ada yang namanya teknologi dengan segala keterbatasan ilmu dan pengetahuan. Dengan demikian pemanfaatan teknologi dalam bidang Pendidikan maupun kehidupan sehari-hari sangat berperan penting bagi kita.