Berita Terkini
Lima Tips Tinggal di Lingkungan dekat TPU
Lima Tips Tinggal di Lingkungan dekat TPU

Lima tips yang bisa kamu gunakan jika sudah tinggal di daerah TPU Bantar Gebang dan sekitarnya

Kel. Burangkeng Kec. Setu Kabupaten Bekasi salah satu tempat yang terkena dampak dari TPU Bantar Gebang meskipun letaknya jauh akan tetapi polusi udara yang buruk sangat dirasakan. Dimulai dari jalanannya yang sering dilewati oleh truk sampah dari berbagai daerah burangkeng termasuk ke dalam daerah yang banyak sekali pabrik pengelola sampah baik UMKM ataupun pabrik pemerintahan. Jika Kamu ingin mengambil rumah didekat TPU Bantar Gebang berikut tips yang bisa kalian gunakan saat sudah tinggal agar polusi udara tidak terlalu mengganggu rumah tinggal dan menjaga Kesehatan keluarga anda.

Berikut 5 tips yang bisa kamu gunakan jika sudah tinggal di daerah TPU Bantar Gebang dan sekitarnya

  1. Jangan membuka pintu saat pagi hari dan sore hari

Membuka pintu sekitar pukul 04.00-05.30 dan 17.00 – 18.15 itu adalah jam-jam angin banyak mengarah ke daerah rumah. Hal ini juga tergantung dari hembusan arah angin karena jika arah angin sedang berpihak pada anda hal bau/ polusi udara akan tercium sepanjang hari.

      2. Buatlah Pentilasi udara yang rapat

Pentilasi udara bagus untuk sirkulasi didalam rumah tapi berbeda dengan rumah yang berada disekitaran TPU Bantargebang. Lobang udara akan memudahkan bau-bau kiriman dari Bantargebang masuk ke rumah anda dengan leluasa.

      3. Gunakanlah AC

AC memang menjadi kebutuhan pokok saat ini di daerah Bekasi karena cuaca panas yang salalu melanda. Penggunaan AC sangat membantu kalian dalam menyaring udara agar tidak selalu menghirup udara yang berbau sampah sepanjang hari.

      4. Jangan meletakan makanan siap makan diluar ruangan terlalu lama

Makanan yang siap makan biasanya diletakan dimeja makan agar mudah terlihat dan terjangkau oleh semua keluarga. Tapi hal ini bisa menjadi masalah jika rumah anda berada disekitar TPU Bantargebang. Makanan yang berada diudara sekitar TPU Bantargebang bisa lebih cepat membusuk dan basi karena udara yang tidak baik menumbulkan banyaknya lalat dan nyamuk. Jadi kalau kalian tinggal di daerah tersebut harap masukan kedalam kulkas agar lebih awet dan bisa dikonsumsi lebih lama.

       5. Rajinlah membersihkan pekarangan rumah dan didalam rumah

Kebersihan adalah Sebagian dari iman. Begitupun yang harus dilakukan oleh rumah yang didekat TPU Bantargebang karena harus ekstra bersih-bersih apalagi kalau kalian memelihara hewan. Semua penyakit kita dan hewan akan lebih sering terjangkit karena udara banyak kecoa dan hama-hama tumbuh lebih cepat. Bahkan truk sampah bisa meninggalkan sampah juga saat mereka melewati rumah, jadi diharuskan rumah kalian tetap bersih.

5 tips tinggal didaerah TPU ini bisa menjadikan referensi dan meminimalisir bau sampah/polusi udara karena kita akan setiap hari dirumah. Rumah dekat dengan TPU itu tidak selalu buruk jika kalian tau kapan udara akan berhembus ke arah rumah jadi bisa diantisipasi.





Meti Novia

Meti Novia adalah anggota komunitas Literasiliwangi yang bergabung sejak Dec 2023



0 Komentar





Berita Terkini Lainnya