Hiburan
Sering Merasa Gabut Di Kosan? Coba 6 Cara Ini Untuk Mengisi Waktu Luang Kamu!
Sering Merasa Gabut Di Kosan? Coba 6 Cara Ini Untuk Mengisi Waktu Luang Kamu!

Bagi mahasiswa aktif organisasi selalu ada waktu untuk mengahabiskan waktu di kampus. Beda hal dengan mahasiswa kupu-kupu kadang dihadapkan dengan waktu gabut di kosan. Ada cara yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu gabut kamu di kosan, diantaranya

Bagi mahasiswa, kosan merupakan tempat singgah untuk melepaskan kepenatan dari aktivitas perkuliahan. Biasanya kosan dihuni oleh mahasiswa yang memiliki jarak tempuh yang cukup jauh dari rumah ke kampus.

Tidak sedikit cerita, bahkan sering kita jumpai bersama bahwa salah satu rutinitas di kos-kosan adalah berkumpul bersama teman. Bisa dalam rangka mengerjakan tugas kelompok maupun individu, tempat singgah teman yang kemalaman pulang ke rumah, atau sekadar berkumpul dan menikmati camilan bersama, bahkan berbagi film kesukaan.

Tapi dibeberapa waktu, selalu ada masa dimana kita merasa gabut dan jenuh berdiam di kosan. Beberapa mahasiswa akan memilih untuk mencari aktivitas di kampus dengan mengikuti ogranisasi, atau memilih pergi ke kosan teman yang lain, atau memilih pulang ke rumah untuk sementara waktu.

Nah untuk kamu yang memilih menghabiskan waktu di kosan atau dapat dikatakan sebagai mahasiswa kupu-kupu (kuliah pulang, kuliah pulang). Berikut ini ada beberapa kegiatan yang dapat menjadi pilihan kamu untuk mengisi waktu luang.

1. Mengerjakan Tugas

Seorang mahasiswa mungkin sudah tidak asing lagi dengan sebuah beban tugas dari dosen yang bersangkutan. Jika kamu memiliki tugas yang perlu kamu selesaikan maka lebih baik gunakan waktu luang ini untuk menyelesaikan tugas. Toh yang nggak akan rugi juga dirimu sendiri!

Keuntungan yang diperoleh juga tidak sedikit. Kamu bisa lebih leluasa ketika nanti sudah jatuh tenggat pengumpulan tugas, sehingga tidak perlu tergesa-gesa. Waktu luang tidak terbuang sia-sia, dan kamu bisa jadi lebih produktif.

Kalau kamu merasa berat untuk mengerjakan tugas dengan alasan mengantuk, jenuh, bosen, dan stress. Dalam mengisi waktu luang ini kamu tidak perlu begitu stress, buat tempatmu mengerjakan tugas menjadi nyaman. Kamu bisa sambil mendengarkan musik dengan lagu-lagu kesukaanmu atau kamu bisa siapkan beberapa camilan yang bisa menemani kamu dalam mengerjakan tugas.

Kalau kamu seorang mahasiswa yang rajin, dan tidak suka menumpuk tugas. Kamu bisa lakukan pilihan kedua untuk mengisi waktu luangmu!

2. Membersihkan Kamar Kosan

Akibat dari sibuknya dengan aktivitas perkuliahan, terkadang tidak sempat untuk membersihkan kamar tidur sendiri. Akibatnya ada beberapa barang yang berdebu karena jarang dibersihkan.

Nah kamu bisa menghabiskan waktu luangmu untuk membersihkan dan membenahi kamar kosanmu. Waktu yang digunakan tidak akan lama hanya untuk membersihkan satu kamar kosan tempat tinggalmu. Manfaatnya kamar kamu akan terlihat lebih rapi dan bersih, kamu jadi bisa lebih sehat dan segar karena memiliki lingkungan yang bersih dan rapi.

Kamu bisa memulai dengan membereskan lemari baju atau membersihkan rak buku. Selain itu kamu juga bisa sambil mencuci pakaian yang sempat tertumpuk.

Hari gini kan banyak jasa Laundry nggak perlu ribet-ribet cuci baju sendiri!

Ya, kamu memang tidak salah.Tapi tidak rugi juga jika kamu mencuci baju sendiri, itu jauh lebih efektif dan efisien. Kamu jadi bisa lebih hemat uang, dan juga dapat meningkatkan sifat mandiri dan disiplin pada diri kamu sendiri.

Nah kalau kamu memang orang yang suka bersih-bersih dan tidak suka membuat lingkungan sekitarmu kotor dan rajin mencuci baju tanpa menumpuknya. Tapi masih merasa gabut di kosan? Kamu bisa lakukan cara ketiga untuk dapat mengisi waktu luangmu!

3. Membaca Buku Fiksi

Kalau harus membaca buku non fiksi sepertinya cukup pada saat kuliah saja. Sebagai bahan hiburan bagi otakmu, kamu bisa sambil membaca buku fiksi dengan bahasa yang ringan dan mudah dipahami, tanpa harus banyak berpikir sehingga cukup mengandalkan imajinasimu saja.

Kegiatan ini efektif dilakukan untuk merefresh otakmu lagi. Selain dapat mengisi waktu luangmu, membaca juga dapat membantu kamu menambah pembendaharaan kata. Selain itu membaca juga dapat meningkatkan kecerdasan otak, seperti yang dibahas pada satu buah artikel dengan judul “10 Kegiatan Sederhana Ini Dapat Meningkatkan Kecerdasan Otak, Orang Cerdas Juga Suka Lakukan! Mau Contek?” oleh Natasha Riyandani. Kamu bisa baca secara lengkap melalui link dibawah ini,

https://www.beautynesia.id/life/10-kegiatan-sederhana-ini-dapat-meningkatkan-kecerdasanotak-orang-cerdas-juga-suka-lakukan-mau-contek/b-266818

4. Berolahraga

Supaya badan menjadi lebih sehat dan lebih segar, kamu bisa manfaatkan waktu luangmu untuk berolahraga. Tidak perlu olahraga yang berat cukup senam ringan pun cukup. Jika olahraga berlari mengharuskan kamu keluar dari kosan, kamu bisa memilih olahraga yang dapat dilakukan di dalam ruangan seperti senam. Zaman sekarang tidak sulit mencari video tutorial senam, cukup gunakan aplikasi seperti Youtube kamu dapat mendapatkan berbagai tutorial gerakan senam yang baik dan cocok untuk kamu!

Berolahraga pun juga dapat meningkatkan kecerdasan otak loh! Cek penjelasan selengkapnya pada laman berikut ini!

https://www.beautynesia.id/life/10-kegiatan-sederhana-ini-dapat-meningkatkan-kecerdasanotak-orang-cerdas-juga-suka-lakukan-mau-contek/b-266818

Kalau kamu tipe mahasiswa yang ingin selalu produktif dalam setiap kesempatan, selain dengan melakukan kegiatan pertama kamu juga bisa melakukan cara kelima untuk mengisi waktu luangmu!

5. Menulis

Mengisi waktu luangmu dengan menulis juga dapat membantu kamu jadi lebih produktif. Tidak harus selalu berkaitan dengan tugas kuliah saja, kamu dapat menulis tulisan bergenre fiksi berupa puisi, cerpen, atau bahkan hanya sekadar buku diary tentang keseharianmu pun tidak jadi masalah.

Jika dengan membaca kamu bisa menambah pembendaharaan kata, maka dengan menulis kamu dapat berkreasi mengungkapkan perasaanmu kedalam bentuk tulisan. Tidak memungkiri bahwa dengan hal ini kamu juga dapat melatih keterampilanmu dalam menulis.

6. Istirahat

Cara terakahir yang dapat kamu lakukan untuk mengisi waktu luangmu adalah dengan berisitirahat. Kamu dapat gunakan waktu luang ini untuk beristirahat dari lelahnya aktivitas keseharian.

Gunakan waktu istirahat semaksimal mungkin untuk mengembalikan semangat, tenaga, serta kesiapan jiwa dan ragamu untuk melanjutkan kembali aktivitas berikutnya! Hindari stres dengan berisitirahat yang cukup! Tidak hanya fisik tapi juga mental perlu dijaga agar sehat!

Itulah beberapa pilihan cara yang dapat kamu lakukan untuk mengisi waktu gabutmu di kosan! Kamu juga bisa menemukan aktivitas lainnya yang dapat mengisi waktu luang kamu, tidak hanya di kosan tapi juga di rumah. Yuk bagikan cara kamu untuk mengatasi rasa gabutmu!

Selamat mencoba!



Gambar ilustrasi berasal dari link berikut
https://images.app.goo.gl/a9vAAvxSFJ4Ni4uQ7




Puji Astuti Shohheh

Puji Astuti Shohheh adalah anggota komunitas Literasiliwangi yang bergabung sejak Dec 2022



0 Komentar





Hiburan Lainnya