Hiburan
Mau Coba Nonton Konser Tapi Cuma Sendiri? Yuk Intip Tips Ini!
Mau Coba Nonton Konser Tapi Cuma Sendiri? Yuk Intip Tips Ini!

Mau nonton konser tapi gak ada teman untuk menonton? Atau mau coba nonton konser tapi cuma sendirian? Yuk intip tips ini agar saat nonton konser kamu gak kebingungan. Apa aja sih tipsnya?

Bagi para penikmat musik tentunya sudah tidak asing dengan even musik seperti konser. Menikmati konser bersama-sama dengan teman memang sangat menyenangkan. Kita dapat melihat penyanyi yang disukai secara langsung di depan mata bersama-sama. Tapi bagaimana kalau kalian harus menonton konser sendiri entah itu karena tidak ada teman yang ingin menonton konser tersebut atau kalian adalah seorang introvert yang ingin menikmati konser. Tenang kamu bisa ikuti cara ini agar saat nonton konser kami gak perlu kebingungan lagi.

  • Gunakan pakaian yang nyaman

Memilih pakaian yang tepat pada saat pergi menonton konser itu penting loh! Kamu harus dapat menyesuaikan pakaian kamu dengan penyelenggaraan konsernya ya, lihat apakah konser tersebut diselenggarakan di dalam ruangan atau di luar ruangan. Tentunya kalau konser dilaksanakan di dalam ruangan lebih baik kamu menggunakan pakaian yang berbahan tipis, tidak tebal agar tidak kegerahan. Untuk konser di luar ruangan sebaiknya kamu membawa jaket dan juga topi jaga-jaga agar tidak kepanasan dan mengantisipasi kedinginan. Usahakan tidak menggunakan heels karena takutnya heels kamu yang tinggi itu menginjak penonton lain, terlalu lama menggunakan heels juga akan menyebabkan kaki sakit loh, jadi untuk alas kaki usahakan menggunakan yang nyaman seperti sneakers dan juga sandal. Tips berpakaian saat nonton konser yang paling penting adalah sesuaikan pakaianmu dengan tema dari acara konser yang kamu datangi ya. Pada beberapa konser panitia menyiapkan dresscode untuk para penonton agar konser tersebut terlihat lebih menarik, nah jangan lupa untuk sesuaikan pakaianmu dengan dresscode yang telah ditentukan panitianya ya.

  • Bawa tas badan

Karena kamu pergi menonton konser sendirian, jangan lupa untuk menjaga barang bawaanmu tetap aman dan dekat dengan tubuhmu. Jangan membawa tas yang terlalu besar ataupun terlalu kecil ya, hal ini untuk menyimpan semua yang kamu butuhkan dalam satu tas saja, tapi yang paling penting adalah jika kamu berniat membawa tas kecil cukup untuk menaruh barang-barang pentingmu ya. Sisanya dibawa sambil dijinjiing juga tidak masalah. Rekomendasi dari aku, kamu bisa bawa tas selempang dengan ukuran sedang.

  • Sesuaikan barang bawaan

Menonton konser memang memerlukan sedikit banyak barang bawaan, apalagi jika kamu menonton konser sendirian kamu gak bisa bergantung ke orang lain untuk barang yang kamu perlukan, hal ini juga sesuaikan dengan acara konsernya ya. Berikut ini adalah barang-barang yang bisa kamu bawa:

  1. Ponsel, ponsel menjadi hal yang paling penting karena berfungsi sebagai alat komunikasi misalnya buat mengabarkan kondisi kamu ke keluarga atau teman dekat.
  2. Dompet, wah hal ini juga penting untuk kamu jajan di sana. Tapi hati-hati ya, jaga dompet kamu agar tetap aman, masukkan ke bagian dalam tas dan jangan sampai menjadi pusat perhatian. Jangan membawa uang terlalu banyak, yang penting bisa untuk membeli makan dan juga minum udah cukup kok.
  3. Power bank, karena konser memakan waktu yang sangat lama jadi kamu membutuhkan power bank untuk mengisi daya ponselmu. Jangan sampai ponselmu mati karena kehabisan daya ya.
  4. Jas hujan, nah barang ini penting banget di bawa apalagi kalau kamu menonton konser di luar ruangan dan sedang musim hujan. Cukup dengan jas hujan berbahan plastik agar tidak memakan banyak tempat, lebih baik kamu bawa jas hujan dari rumah ya, kalau beli di tempat konser biasanya akan merogoh kocek yang cukup mahal. Jangan lupa, jika sudah digunakan bawa lagi jas hujannya, jangan dibuang sembarangan ya. Oh ya, jangan sampai kalian membawa payung ya, karena akan menghalangi penonton lain.
  5. Obat-obatan pribadi, kalau kamu punya riwayat sakit, lebih baik kamu bawa obat-obatan buat jaga-jaga ya. Minimal bawa penghangat beraroma untuk menenangkan pikiran.
  6. Kipas. Kipas menjadi salah satu hal yang harus dibawa karena akan sangat gerah berada di kerumunan banyak orang, tapi tenang aja di beberapa acara konser ada yang memberi kipas sekali pakai secara cuma-cuma loh jadi gunakan itu dengan baik ya.
  7. Kacamata, hal yang paling penting kamu pakai saat konser di luar ruangan. Kacamata berwarna gelap bisa melindungi mata kamu dari panas sinar matahari dan tentu akan menambah nilai gaya pakaianmu loh.

Nah itu dia yang bisa kamu bawa ke konser, untuk sisanya kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhanmu ya. Jangan lupa untuk melihat ketentuan konser yang akan kamu tonton untuk mengetahui apa saja yang tidak boleh di bawa ke dalam venue agar barang yang kamu bawa tidak disita.

  • Datang ke konser lebih awal

Kalau kamu nonton konser sendiri, lebih baik kamu datang ke acara konser tersebut lebih awal, lihat di jadwal konser kapan gerbang mulai dibuka agar kamu tau kapan harus masuk ke venue. Jika kamu datang ke konser sore hari agar tidak banyak yang mengantre, kamu salah. Semakin sore konser biasanya semakin banyak dan membludak, dengan begitu kamu juga tidak dapat menonton di bagian depan. Jika kamu datang ke konser lebih awal, kamu bisa berkeliling-keliling venue dengan tenang terlebih dahulu.

Sekadar tips!

Jangan lupa untuk ke toilet terlebih dahulu agar tidak merasa kebelet untuk ke toilet di tengah-tengah penampilan penyanyi favoritmu.

 

  • Air dan makanan itu penting!

Saat kamu sudah masuk ke venue hal yang pertama harus kamu beli adalah air minum, jangan sampai kamu dehidrasi saat menikmati konser. Penting buat kamu beli air mineral, baru deh kamu boleh beli air yang lain. Ingatlah untuk irit-irit air itu, hal ini agar kamu tidak terlalu boros uang untuk memberi air minum dan juga agar kamu tidak merasa ingin bolak-balik toilet. Selain air, makanan juga penting! Jangan sampai perutmu keroncongan saat menikmati konser. Kamu harus setidaknya membeli satu makanan berat agar kamu tidak merasa kelaparan.

Tips!

Kurangi hasrat membeli makanan pedas, jangan sampai kamu merasakan sakit perut saat di tengah-tengah acara.

Disamping makanan berat, kamu bisa juga membeli camilan untuk dinikmati di tengah-tengah kerumunan.

  • Berkenalan dengan orang lain

Tidak ada salahnya loh kamu kenalan sama orang-orang di sekitar, apalagi jika sama-sama menonton konser sendirian. Hal ini bisa untuk menambah teman dan kamu juga bisa meminta bantuan ke orang lain tersebut. Tapi ingat, jangan sampai kamu asal mencari orang untuk berkenalan ya, meski bagaimanapun mereka tetap orang asing jadi harus tetap waspada.

  • Manfaatkan sesi "break"

Setiap konser pasti memiliki sesi "break" atau istirahat untuk berganti stage, penyanyi ataupun penampilan. Nah sesi ini dapat kamu manfaatkan untuk ke toilet, mushola, mencari makan, atau hanya dengan duduk-duduk di sekitar stage saja. Oh ya saat sesi "break" ini kamu juga bisa semakin mendekatkan diri dengan stage loh, karena biasanya penonton-penonton akan bubar sementara dan berkumpul lagi jika stage sudah siap dengan penampilan berikutnya.

  • Nikmati konser

Nah yang paling penting dari semua adalah nikmati konser dengan cara kamu sendiri. Meskipun kamu ingin sekali mengabadikan setiap momen yang ada pada saat ngonser, tapi akan lebih menyenangkan jika kamu menikmati semua momen itu secara langsung. Kurangi penggunaan hp untuk merekam dan biarkan matamu merekam kenangan indah tersebut secara langsung. Kamu dapat berdansa dan mengekspresikan kesenanganmu dengan cara apapun tanpa harus takut dipandang aneh sama orang karena enjoy dengan diri kamu sendiri itu lebih penting loh. Buat status dari apapun yang kamu abadikan setelah konser selesai, karena akan sangat sayang jika kamu asik membuat status sementara konser masih berlangsung. Jadi ingat untuk menikmati semua kegiatan yang ada di konser itu ya.

  • Tips bagi orang-orang yang kurang tinggi

Berdasarkan pengalaman aku yang menonton konser sendiri tetapi kurang tinggi, kamu bisa ikutin tips ini:

  1. Tempati posisi paling depan. Hal ini memudahkan kamu untuk melihat penampilan lebih dekat, ga perlu buat lihat layar-layar besar yang ada di pinggir.
  2. Menggunakan sepatu bersol tinggi, ya sepatu dengan sol tambahan 3 cm cukup untuk membuat tubuh terlihat sedikit lebih tinggi.
  3. Gunakan ponsel jika mendesak. Jika kamu berada di tengah kerumunan dan merasa tidak dapat melihat "performance" dengan baik, kamu bisa menggunakan ponsel kamu untuk melihat mereka dan berasa lebih dekat.
  4. Mendongakkan kepala. Jangan lupa mendongakkan kepala untuk mencari oksigen ya. Berada dalam kerumunan padat orang akan membuat kamu merasa kekurangan oksigen, dengan ini kamu jangan banyak menunduk karena akan merasa pusing. Angkat lehermu, lihatlah ke langit dan hela napas panjang-panjang jika kamu merasa kekurangan oksigen. Jangan ragu untuk keluar dari venue jika kamu merasa sudah tidak kuat. Ingat kamu hanya sendiri, jangan sampai merepotkan orang lain ya.
  • Pilihlah mode transportasi yang cocok

Jika kamu berniat menonton konser sendiri, aku sarankan kamu tidak membawa kendaraan pribadi, karena akan sangat sulit keluar saat konser selesai. Tipsnya adalah kamu bisa meminta antar pada orang tua atau teman untuk ke konser tersebut, atau kamu bisa memesan ojek online agar tidak parkir. Untuk pulangnya jika menggunakan ojek online biasanya tarif akan menjadi cukup mahal, maka akan lebih irit jika meminta jemput pada orang tua ataupun teman. Jika kamu tetap memilih membawa kendaraan sendiri, jangan lupa untuk memarkirkan kendaraanmu dekat dengan gerbang, jangan lupa mengunci dan mengamankan helmet yang kamu gunakan. Tidak disarankan membawa mobil karena biasanya akan sangat sulit keluar dan memakan waktu di perjalanan yang sangat lama.

 

Sekian tips nonton konser sendirian berdasarkan pengalaman aku, semoga dapat bermanfaat bagi kalian. Intinya jangan lupa menikmati momen konsernya ya.

Salam hangat

Dwi~





Dwi Shinta Febriyanti

Dwi Shinta Febriyanti adalah anggota komunitas Literasiliwangi yang bergabung sejak Dec 2022



0 Komentar





Hiburan Lainnya