Pendidikan
Teknik Feynman, Kunci Sukses Belajar!
Teknik Feynman, Kunci Sukses Belajar!

Semangat belajar kamu menurun? Yuk tingkatkan lagi, ingat kita punya kehidupan di masa depan, dan pastikan kehidupan kita terjamin di masa depan nanti. Terkadang penyebab dari semangat belajar menurun karena apa yang di pelajarin itu susah banget, itu bisa membuat malas belajar.

Kita semua pasti pernah mengalami kesulitan dalam belajar. Entah rumus yang njelimet atau terlalu banyak point yang harus dihafal. Kadang pengen nanya, tapi sinyal internet di rumah jelek. Jumlah tugas yang dikerjakan juga tak sebanding dengan penjelasan yang diberikan oleh Bapak dan Ibu Guru. Bahkan beberapa di antara kamu sampai ada yang join di bimbel online kan buat ngejar pemahaman materi yang sedang diajarkan? Tapi tetep aja hasilnya ada aja yang bikin mengganjal. Untuk mengatasi hal di atas, aku mau ngenalin metode belajar ala Richard Feynman. Konon katanya, kalau belajar pakai teknik ini bisa lebih cepat ngerti loh. Bahkan, bisa dilakukan sendiri atau berdua dengan orang rumah.

Yuk, cari tahu caranya! Sebelum mengetahui teknik belajarnya, kita kenalan dulu sama mendiang Opa Richard Feynman. Beliau adalah peraih Nobel tahun 1965 berkat kontribusinya dalam menyederhanakan Teori Elektrodinamika Kuantum menjadi sebuah diagram. Nah ada empat langkah yang dapat kamu lakukan:

  1. Pilih topik materi yang ingin di pelajari Langkah pertama adalah memilih konsep atau materi tertentu yang ingin dipelajari. Ambil selembar kertas. Tulis judul beserta hal-hal yang related dengan materi yang ingin dibahas
  2.  Jelaskan materi dengan bahasa sederhana Setelah memilih konsep, langkah selanjutnya adalah menjelaskan materi tersebut dengan bahasa yang sangat sederhana, seolah-olah Anda sedang mengajarkannya kepada anak kecil. Ini melibatkan penggunaan kata-kata dan kalimat yang mudah dimengerti, membantu memastikan pemahaman yang mendalam
  3. Identifikasi bagian-bagian yang masih sulit dipahami atau kurang jelas Buka lagi materi utama dan tambahkan referensi belajar lain untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik. Ini bisa mencakup buku teks, video pembelajaran, atau sumber belajar lainnya
  4. Review dan jelaskan kembali Langkah terakhir adalah mereview dan menjelaskan kembali materi yang telah dipelajari. Proses review ini membantu memastikan pemahaman yang kuat.

Jika ada bagian yang masih sulit dipahami, ulangi langkah-langkah sebelumnya hingga konsep tersebut benar-benar terpahami melalui Teknik Feynman, kita diajak untuk memahami topik sampai ke akarnya. Nggak harus terpaku dengan buku atau bahasa yang kaku. Pakai kalimat sendiri dan gunakan analogi simpel yang bisa dimengerti orang awam sekalipun. Nah itu dia sekilas tips belajar ala tokoh dunia Richard Feynman, yang bisa kamu praktekin sekarang juga! Perlu diketahui teknik belajar setiap orang bisa berbeda tergantung preferensi dan kebiasaan belajar. Jadi, penting untuk mengamati dan mencoba metode belajar ini untuk melihat apakah cocok dengan kamu?





Senny Saikha Maharani

Senny Saikha Maharani adalah anggota komunitas Literasiliwangi yang bergabung sejak Dec 2023



0 Komentar





Pendidikan Lainnya