Ragam
Beberapa alasan pemuda pemudi di Indonesia
Beberapa alasan pemuda pemudi di Indonesia "ogah" menikah

Gengs, katanya kebanyakan anak muda di zaman sekarang memilih menunda pernikahan bahkan "ogah" menikah. Kira-kira apa yah alasannya?

Dikutip dari datatempo.co, angka pernikahan usia muda di Indonesia terus menurun dalam satu dekade terakhir. Data Badan Pusat Statistik (BPS) memperlihatkan pemuda pada rentang usia 16-30 tahun yang sudah menikah di tahun 2021 sebesar 37,69 persen, turun 8,8 poin dibandingkan sepuluh tahun lalu.

Nah gengs, meski masih banyak terjadi pernikahan muda di indonesia, faktanya sekarang udah banyak anak muda yang milih nunda nikah atau bahkan ogah nikah. Alesannya cukup simple karena masalah finansial. Memang di daerah-daerah tertentu khususnya daerah perkampungan, biasanya anak muda umur 20 an pasti sudah dituntut untuk menikah. Jika usia mereka yang sudah 20 an ini belum menikah langsung di cap “gak laku” atau “bujang lapuk” padahal umur-umur segitu umur buat ngejar cita-cita gak si ? buat kalian diluar sana pendapat kalian gimananih? Ya emang bener ngejar karir juga bisa sambil nikah katanya. Boleeh, tapi menurut mimin mending dipikir dulu mateng-mateng apakah beneran udah siap atau sekedar ingin aja ? beneran siap atau sekedar tuntutan sosial aja ? nikah itu bukan ajang buat main-main, bukan cuman menyatukan dua manusia tapi juga menyatukan dua keluarga, dan itu berjalan seumur hidup kalo bisa dan hei seumur hidup itu lama kalo kalian berumur panjang hehe.

Apalagi buat ciwi-ciwi, setelah menikah katnya beban lelaki itu berkurang sedangkan beban perempuan itu bertambah. Walaupun istri kerja, pekerjaan rumah kayak ngepel, nyuci baju, nyiapin makanan, nyiapin kopi buat suami itu semua istri yang ngerjain, sedangkan suami ? ya cuman kerja dikantor aja. Tapi gengs gak semua gitu kok, tapi katanya kebanyakan gitu, makanya banyak anak muda sekarang lebih pikir-pikir buat nikah. Bahkan ada yang berfikir buat gak nikah dengan berbagai alesan. Ada yang takut nikah, ada yang trauma dengan pernikahan orang tuanya, ada yang mau hidup sendiri aja udah cukup.

Di daerah perkotaan seperti di ibukota, anak muda itu lebih mikirin soal finansial, ya karena hidup di kota itu katanya “keras dan harus berkelas” makanya finansial itu penting banget. Beda sama di desa, asal ada makanan pokok udah aman, gaada mcd, starbuck atau kfc yang biasa buat nongkrong, jadi pengeluaran gak terlalu banyak juga katanya.

Pernikahan di zaman sekarang juga bukan hal yang murah, tapi sebenernya nikah itu murah loh gengs, nikah di KUA itu sekarang katanya gratis, yang mahal itu gengsinya hehehe. Gak salah buat ngadai resepsi gede-gedean yah itu hak masing-masing. Belum lagi kalo mau punya rumah dan punya anak itu biayanya harus diperhitungkan. Bisa-bisa jebol pengeluaran kalo finansial belom mantep. Tapi mimin yakin insyaalloh pasti aja dikasih rezeki.

Gak jarang juga sekarang yang koar-koar soal childfree selain karena gak pengen punya anak ,pengen santai dan gak keganggu anak mereka yang childfree ngaku kalo finansial mereka lebih stabil kalo berdua aja tanpa anak. Itu semua tergantung pikiran masing-masing ya gengs, nah gimananih pendapat kalian ? kalian tim yang nikah muda gas aja asal ada jodohnya? Atau tim yang memilih menunda pernikahan sampai finansial siap? Atau malah tim yang ogah menikah ?

 

 

 

Sumber :

https://www.datatempo.co/DataEkonomi/view/20220211025310/pernikahan-usia-muda-kian-dijauhi

 https://www.youtube.com/watch?v=H3VAJMBUMic





Laili Noer Isni

Manusia Biasa.



0 Komentar





Ragam Lainnya