Ragam
Stop Berpikir Negatif!!!
Stop Berpikir Negatif!!!

Siapa yang masih suka overthingking dengan orang lain ataupun pada diri sendiri? memang, di dunia ini tidak semua orang akan melakaukan kebaikan pada kita. tapi, apa salahnya jika kita tidak berpikir yang sebenarnya belum terjadi pada kita? SEKARANG STOP BERPIKIR NEGATIF!! Karena, itu hanya akan merugikan dirimu sendiri kawan. lihat berapa banyak orang sudah menjadi korban berpikir negatif, mereka tidak akan mendapatkan apapun selain kecemasan yang setiap detiknya menghantui mereka.

“tindakan anda tergantung bagaimana cara anda berpikir”

Kalimat di atas sudah sering kita jumpai,  bahkan sudah tak jarang kita dengar bukan? Apa lagi jika kita dihadapkan dengan orang-orang hebat yang berbicara diatas panggung memberikan motivasi pada kita.

Sebelum kita memasuki pembicaraan inti, saya akan sedikit menjelaskan pada kalian. Pikiran merupakan suatu potensi istimewa yang dimiliki oleh setiap manusia. Meskipun kadang pemikiran itu begitu abstrak, kekuatan berpikir manusia mampu mengubah dunia. Itulah kenapa pikirannya dapat menentukan kesuksesan dan kebahagiaan seseorang.

Kenapa harus berhenti berpikir negatif?

1. Hampa dan Tidak Tenang

            Seseorang yang selalu menanamkan pikiran negatif terhadap sesuatu ahal terutama pada orang lain dapat merampas rasa nyaman dan ketenangan di dalam diri. Seseorang yang berpikir negatif akan selalu merasa dihantui oleh pikiran buruk yang ia datangkan pada dirinya sendiri.

2. Kesulitan Mencapai Keinginannya

            Pikiran negatif akan sulit menggapai kesuksesan. Mengapa bisa terjadi? Itu disebabkan karena mereka yang berpikir negatif cenderung membatasi diri dengan tembok yang sangat tinggi, mengakibatkan mereka akan sangat kesulitan untuk melangkah maju.

3. Jiwa Terganggu

            Pikiran negatif akan sangat rentan menyerang seseorang mengalami stres bahkan depresi. Jika kedua hal tersebut sudah menyerang mereka yang memelihara pikiran negatif tak jarang kemungkinan kejiwaan akan mengalami gangguan serius. Hal ini disebabkan karena pikiran negatif mampu menciptakan perasaan tidak nyaman, menimbulkan ketakutan yang berlebihan. Seseorang yang sudah memelihara pemikiran negatif cenderung terserang oleh penyakit, penyakit yang menyerang mereka bukan hanya mental mereka, tetapi juga pada fisik mereka. Seseorang akan lupa untuk memperhatikan kesehatan mereka.

4. Sulit Bergaul

            Pemikiran negatif mampu mempengaruhi seseorang dalam bergaul. Ketika pikiran negatif menguasai mereka, mereka akan membatasi diri mereka dalam menjalani hubungan dengan orang lain. Namun pikiran negatif tidak selalu tertuju pada orang lain, terkadang pikiran negatif akan muncul pada diri sendiri. yang mana, orang tersebut mengalami perasan minder, tidak percaya diri dengan kemampuan yang ada di dalam dirinya. Dengan begitu mereka akan menarik diri dari pergaulan karena merasa takut akan di tolak oleh orang lain.

5. Kesulitan Menikmati Hidup

            Hidup yang begitu indah, tidak dapat dinikmati dengan penuh syukur oleh seseorang yang dalam dirinya diselimuti kabut negatif. Seseorang yang berada dalam lingkaran ini akan sangat sulit melihat kebaikan-kebaikan yang didatangkan tuhan lewat tangan orang lain, mereka hanya mampu melihat sisi buruk yang akan mereka dapatkan. Dengan begitu mereka tidak mampu menikmati hidup mereka karena kebahagiaan.

6. Seperti Cermin

            Pikiran seseorang akan memperlihatkan bagaikan diri mereka yang sesungguhnya. Maka apabila dikepala kita tersimpan hal-hal ataupun pikran negatif, itulah yang terwujud dalam diri kita. Pikiran itu yang sebenarnya akan kita jalani, dengan begitu kita akan semakin jauh dari hal-hal positif yang membawa pikiran kita menjadi positif.

 

 





Rahma Widyanti

Rahma Widyanti adalah anggota komunitas Literasiliwangi yang bergabung sejak Apr 2023



1 Komentar




asti

asti

 Selasa, 28 November 2023 02:54 WIB
lorem ipsum - kanal content - 419

Ragam Lainnya