Ragam
Resep Look Choup Makanan Khas Negara Thailand yang Unik 
Resep Look Choup Makanan Khas Negara Thailand yang Unik 

Siapa yang tak mengenal negara Thailand. Negara yang terletak  di Asia tenggara  dengan sebutan gajah putih ini banyak sekali menyimpan keunikan. Mulai dari Geografi, demografi, budaya hingga makanannya. Salah satunya adalah look choup. Makanan penutup yang terbuat dari kacang hijau dengan bentuk yang unik. 

Look choup adalah makanan penutup yang terbuat dari kacang hijau yang dihaluskan bersama santan dan gula pasir lalu dipanaskan hingga menjadi Kalis. 

Look choup berarti buah imitasi. Disebut demikian karena bentuk look choup yang menyerupai buah -buah dengan warna yang mencolok. Namun, dengan seiring zaman dan berbagai inovasi, bentuk Look mulai berkembang seperti sayur dan hewan. 

Look choup di adopsi dari massapão makanan penutup dari Portugis yang terbuat dari kacang almond, karena sulitnya kacang almond di negara Thailand sehingga mereka menukarnya dengan kacang hijau yang lebih mudah ditemukan. 

Di negara asalnya sendiri look choup dulunya dibuat hanya untuk keluarga kerajaan dan bangsawan saja. Namun, dengan sering berjalannya zaman kini look choup dapat dinikmati oleh semua kalangan masyarakat. 

Look choup merupakan salah satu ikon kuliner di negara gajah putih yang terkenal dan sering dijadikan buah tangan oleh turis asing yang berkunjung Ke Thailand. Berikut resep look choup yang bisa kamu coba buat di rumah

1. Bahan yang digunakan
Berikut adalah bahan-bahan yang digunakan untuk membuat look choup yang nikmat:
1. Kacang hijau kupas 500gr
2. Santan instan 500ml
3. Gula pasir 150 gr atau sesuai selera
4. Garam 1/2 sdt
5. Perasa vanila 1/2 sdt
6. Pewarna makanan
7. Agar-agar 1 bungkus

2. Alat yang digunakan
Alat-alat yang digunakan untuk membuat look choup antara lain:
1. Panci kukus
2. Blender
3. Panci/teflon anti lengket
4. Tusuk gigi/sate
5. Kuas
6. Styrofoam
7. Mangkok kecil

3. Cara membuat look choup khas Thailand
Ikuti cara membuat look choup berikut ini:
1. Rendam 500gr kacang hijau kupas selama 3 jam dengan air bersih.
2. Tiriskan kacang hijau kupas yang telah direndam hingga airnya mengurang.
3. Kukus kacang hijau kupas yang telah ditiriskan dengan menggunakan panci kukus selama 30 menit.
4. Setelah 30 menit angkat kacang hijau lalu diamkan hingga hangat kuku.
5. Blender kacang hijau yang telah dikukus bersamaan dengan santan gula pasir, garam, dan perasa vanila. Blender hingga halus.
6. Tuangkan adonan kacang hijau yang telah di blender ke dalam panci atau teflon anti lengket, lalu masak hingga menjadi kalis seperti kue kering. Masak menggunakan api kecil.
7. Diamkan sebentar adonan yang sudah jadi sampai sudah tidak terlalu panas. (Tutup dengan menggunakan kain bersih)
8. Setelah agak dingin ambil adonan sebanyak 10gr atau sesuai selera kemudian bentuk seperti buah-buahan, sayuran, atau hewan.
9. Tusuk sementara adonan look choup yang sudah dibentuk pada styrofoam dengan menggunakan tusuk gigi atau tusuk sate untuk mempermudah proses pemberian warna.
10. Campurkan pewarna makanan dengan sedikit air lalu beri warna adonan dengan kuas sesuai dengan warna buah, sayur, dan hewan yang telah kamu buat.
11. Tunggu hingga pewarna makanan kering dan melekat pada adonan look choup

Sambil menunggu pewarna kering buat larutan agar-agar untuk mencelupkan look choup

12. Tuang 1 bungkus agar-agar, air dan sedikit gula pada panci. Lalu masak hingga mendidih atau matang. Diamkan sebentar sampai larutan tidak terlalu panas.

13. Celupkan adonan look choup yang telah dibentuk dan diberi warna ke dalam larutan agar-agar yang sebelumnya telah dimasak. Lakukan sebanyak 2-3 pencelupan.

14. Dinginkan adonan look yang telah di celupkan, lalu copot adonan dari tusukkan dengan perlahan. Look choup siap dinikmati

Itulah tadi resep look choup makanan khas dari Thailand yang bisa kamu coba buat sendiri dirumah.
Selamat mencoba




Muchlis Rakananda

Muchlis Rakananda adalah anggota komunitas Literasiliwangi yang bergabung sejak Dec 2023



0 Komentar





Ragam Lainnya