Ragam
Remaja dan Perkembangan Diri :
Remaja dan Perkembangan Diri : "Manusia harus keluar dari zona nyamannya untuk berkembang" Benarkah?

Manusia akan selalu mengusahakan dirinya untuk selalu berada dalam situasi yang aman dan nyaman. Dari semua kalangan usia pada manusia, fase remaja lah yang menjadi titik klimaks seseorang dalam meraih dan mencari apa yang menjadi minat dan bakatnya. Kemudian dalam perkembangan diri manusia, apakah keluar dari zona nyaman adalah satu-satunya jalan untuk kita dapat mengembangkan diri kita? Apakah semua manusia harus keluar dari zona nyamannya?

Manusia memiliki banyak kebutuhan yang harus dipenuhi, baik itu kebutuhan jasmani maupun kebutuhan rohani. Kebutuhan rohani merupakan kebutuhan yang berkaitan dengan kondisi batin seseorang. Kebutuhan rohani meliputi kebutuhan untuk diterima oleh orang lain, kebutuhan dicintai, kebutuhan akan kebebasan, dan kebutuhan akan rasa aman dan nyaman.

Zona nyaman merupakan keadaan di mana seseorang berada pada situasi, kondisi, dan lingkungan hidup yang nyaman. Rasa aman akan muncul ketika seseorang tersebut merasa nyaman.

Lantas dalam perkembangan diri manusia terutama pada fase remaja, yang mana fase remaja sendiri merupakan fase seseorang untuk mencari kesejatian dalam hidup atau biasa kita kenali dengan istilah mencari jati diri. Proses pencarian jati diri ini merupakan eksplorasi membantu remaja dalam memahami siapa mereka sebenarnya, mengenal diri sendiri dengan lebih baik dan mengembangkan kepercayaan diri serta rasa kemandirian. Sehingga banyak manusia yang beranggapan dan menyebarkan slogan "keluarlah dari zona nyaman"

Berikut alasan mengapa keluar dari zona nyaman itu penting!

 

1. Menjadikan diri kita lebih kuat

Meskipun awalnya takut, setelah kamu berani keluar dari zona nyaman, kamu akan menyadari bahwa hal yang kamu hadapi ini bukanlah suatu masalah yang besar. Jika kamu jatuh dari waktu ke waktu, maka kamu akan tumbuh sebagai pribadi yang lebih baik dan lebih hebat dari sebelumnya.

 

2. Membuatmu lebih kreatif

Meninggalkan zona nyaman akan merangsang kreativitas kamu dalam menemukan hal-hal yang sebelumnya belum pernah kamu temui.

 

3. Membantumu berkembang

Dengan meninggalkan zona nyaman akan membuat kita mempelajari banyak hal hal baru dan tentu dalam prosesnya akan banyak masalah dan gesekan yang terjadi sehingga nantinya diri kita akan terbiasa menjalani hal-hal baru yang berat tersebut dan mebuat diri kita selalu melangkah maju dan berkembang.

 

Namun, tentunya keluar dari zona nyaman tidak selalu berdampak baik pada perkembangan seseorang. Berikut alasan mengapa dalam perkembangan diri pada fase remaja tidak harus memilih untuk keluar dari zona nyaman!

 

1. Tidak semua manusia itu sama

Pada fakta lapangan, tidak semua manusia dapat keluar dari zona nyaman. hal ini didasari dengan perbedaan masalah dan latar belakang seseorang. Sehingga kita tidak bisa memaksakan seseorang untuk keluar dari zona nyamannya tanpa adanya proses mencari tahu bagaimana latar belakang orang tersebut. Karena siapa tau orang tersebut sudah pernah mencoba untuk keluar dari zona nyaman namun justru ia mendapatkan hal yang buruk dan memutuskan untuk kembali ke zona nyamannya

 

2. Keluar dari zona nyaman tidak menjamin perkembangan manusia

Jika seseorang selau diminta untuk keluar dari zona nyaman dan ternyata dia malaj mendapatkan tekanan maka hal itu justru hanya akan menghambat perkembang seseorang tersebut.

 

Maka dari itu, Para remaja bukan hanya perlu keluar dari zona nya tapi para remaja juga perlu untuk mengembangkan zona nyaman tersebut. karena zona nyaman bukanlah sebuah titik kecil yang tidak bisa kita eksplorasi, namun zona nyaman merupakan sebuah lingkaran yang kita tidak akan pernah tau sebesar apa bentuk dari lingkaran tersebut





Halwah Shahifah Al Madani

Halwah Shahifah Al Madani adalah anggota komunitas Literasiliwangi yang bergabung sejak Dec 2023



0 Komentar





Ragam Lainnya