Ragam
Follow Your Dreams
Follow Your Dreams

Saat pagi menjelang, kira-kira apa yang akan kamu pilih? antara meneruskan mimpimu atau bangun lalu berusaha mewujudkan mimpi itu menjadi nyata?

Aku ingin bertanya, apa impian terbesar dalam hidupmu? Apa kamu memiliki mimpi yang benar-benar ingin kamu wujudkan? Menurutmu, apa sebenarnya mimpi itu?

Apakah mimpi hanyalah sesuatu yang dialami ketika tidur? Atau mimpi berupa angan dan cita-cita yang ingin kamu capai?

Pernah aku mendengar sebuah pertanyaan dan juga pernyataan. Saat pagi menjelang, kira-kira apa yang akan kamu pilih? Antara meneruskan mimpimu atau bangun lalu berusaha mewujudkan mimpi itu menjadi nyata?

Mimpi.

Semua orang pasti memiliki mimpi. Sebab mimpi adalah sesuatu yang sangat melekat dalam diri setiap manusia. Ada orang yang mulai merangkai impiannya sejak kecil, namun ada juga orang yang mulai merangkai mimpinya ketika beranjak dewasa. Ada yang konsisten dengan apa yang diimpikannya dari kecil sampai dewasa, ada pula yang berubah seiring berjalannya waktu. Hal ini tergantung dengan pengaruh lingkungan, cara pandang, bahkan pola pikir yang berubah seiring pertambahan usia.

Dalam Islam sendiri menyebutkan bahwa memiliki sebuah harapan, impian, mimpi, atau cita-cita adalah sebuah kebaikan. Tentunya jika hal tersebut dalam koridor jalan kebaikan serta menerima segala takdir sesuai dengan skenario Allah.

Ir. Soekarno pernah mengatakan, “Gantungkan cita-citamu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang.”

Tidak ada yang salah dengan mimpi apalagi memiliki mimpi setinggi langit. Sayangnya, banyak orang hanya bermimpi, tetapi tidak mau berusaha untuk mewujudkannya. Ya! Semua orang bisa bermimpi, tapi hanya yang bekerja keras serta rela berkorban yang bisa mendapatkan mimpinya, tidak peduli setinggi apa ia menggantungkan mimpi tersebut. Sebab dalam menggapai mimpi pasti ada rintangan yang akan kita hadapi.

Seandainya kamu hampir menyerah menggapai mimpimu, ingatlah kata-kata Nam Do San, “Follow your dreams!”

Ikuti mimpimu. Namun satu hal yang harus kamu tahu, sebuah impian tidak akan bisa diraih hanya dengan rebahan dan bermalas-malasan. Impian bisa diraih ketika kita berusaha untuk menggapainya, tidak lupa dibarengi doa dan usaha.

 

 





Dina Amelia Nurhayati

Dina Amelia Nurhayati adalah anggota komunitas Literasiliwangi yang bergabung sejak Dec 2022



0 Komentar





Ragam Lainnya