Lisda Siti Yuningsih

Lisda Siti Yuningsih


Menambah Pengetahuan dan Pengalaman melalui Bimbingan Teknis PBSI IKIP Siliwangi Tahun 2023
Menambah Pengetahuan dan Pengalaman melalui Bimbingan Teknis PBSI IKIP Siliwangi Tahun 2023

Bimbingan Teknis PBSI IKIP Siliwangi tahun 2023 diikuti oleh mahasiswa PBSI angkatan 2019. Kegiatan di dalamnya antara lain kunjungan, pematerian, dan wisata budaya. Dengan adanya bimtek, mahasiswa mendapatkan banyak pengetahuan dan pengalaman baru, khususnya dalam dunia penerbitan.

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP Siliwangi melaksanakan bimbingan teknis (bimtek) pada tanggal 18 Januari 2023 ke Penerbit Erlangga dan UPI Press serta melakukan wisata budaya ke Great Asia Africa. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa PBSI angkatan 2019 untuk meningkatkan pengetahuan dan pengalaman terkait dunia penerbitan. Rombongan IKIP Siliwangi berangkat dari kampus pukul 07.00 WIB dengan menggunakan 2 bus serta didampingi oleh Ketua Prodi PBSI Ibu Diena San Fauziya, M.Pd., Sekretaris Prodi Bapak Indra Permana, M.Pd., Staf Prodi Bapak Ardiansyah, M.Pd., serta dosen pengampu mata kuliah terkait dengan Literasi yaitu Ibu Iis Siti Salamah Azzahra, M.Pd., dan Bapak Suhud Aryana, M.Pd.

Bimbingan Teknis di Penerbit Erlangga

Bimbingan teknis pertama di penerbit Erlangga yang berada di Jalan Soekarno Hatta No. 554, Kota Bandung. Kegiatan awal yang dilakukan adalah kunjungan ke ruangan tempat bekerja seperti ruangan ekspedisi dan ruangan fasilitas olaharga untuk karyawan. Setelah itu, kegiatan dilanjut dengan bimbingan teknis yang dilaksanakan di gedung B lantai 3. Rangkaian acara di antaranya pembacaan doa, menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan Kaprodi, dan penyampaian materi. Sambutan yang disampaikan oleh Kaprodi Ibu Diena menaruh banyak harapan untuk para mahasiswa dapat mengambil peluang di dunia penerbitan khususnya di Erlangga, selain itu juga beliau menyampaikan harapannya untuk dapat terus bekerja sama dengan penerbit Erlangga.

Rangkaian acara inti dari bimbingan teknis di Erlangga ini yaitu penyampaian materi oleh Bapak Dyon Dinata selaku Marketing Komunikasi (Markom), Consultant Product dan Program PT. Erlangga. Beliau menyampaikan sejarah berdirinya Erlangga dari 30 April 1952 yang diawali dengan keresahan untuk memenuhi kebutuhan ilmu pengetahuan pemuda pada saat itu dalam membangun bangsa. Buku pertama yang diterbitkan yaitu buku Perguruan Tinggi. Hingga sampai saat ini Erlangga memiliki moto Kami Melayani Ilmu Pengetahuan.

PT. Erlangga memiliki banyak program seperti program Workshop Belajar Menulis bagi Para Inohong Tingkat Kabupaten/Kota yang bekerja sama dengan Bu Atalia selaku bunda literasi Jawa Barat. Program ini diharapkan dapat mendorong kreativitas dan produktivitas para bunda literasi di Jawa Barat serta dapat lebih peka terhadap permasalahan yang ada di wilayahnya. Selain itu, Bapak Dyon menyampaikan cara berkarir di Erlangga dengan berbagai persyaratannya. Terakhir, mahasiswa diberi vocher untuk aktivasi ­e-book Erlangga.

Bimbingan Teknis di UPI Press

Bimbingan teknis kedua yaitu di UPI Press atau UPT Penerbitan dan Percetakan UPI yang berada di Jalan Dr. Setiabudi No. 229, Kota Bandung. Kegiatan diawali dengan sambutan Kaprodi Ibu Diena yang menyampaikan harapannya semoga suatu saat kampus IKIP Siliwangi pun memiliki penerbitan dan percetakan. Kemudian, acara inti yakni penyampaian materi oleh Bapak Yadi Mulyadi, M.Pd., selaku kepala UPI Press. Beliau menyampaikan materi terkait Profil dan Tata Keloka Penerbit UPI Press. Kata Press ini adalah pemberian dari Perpusnas. Penerbit UPI Press dirintis pada tahun 2015 dengan berbagai macam hambatan, seperti sulitnya dalam pencarian naskah. Namun, dengan kesungguhan dan kerja keras penerbit UPI Press dapat berjalan hingga sampai saat ini.

Wisata Budaya di Great Asia Africa

Kegiatan bimbingan teknis diakhiri dengan wisata budaya di Great Asia Africa yang berada di Jalan Raya Lembang No. 71. Di tempat ini rombongan melaksanakan salat dan makan siang terlebih dahulu. Setelah itu, para mahasiswa dibebaskan untuk mengunjungi setiap destinasi yang tersedia, melakukan swafoto, dan belanja oleh-oleh khas Lembang. Kemudian pada pukul 16.30 WIB rombongan sudah bersiap-siap untuk melakukan perjalanan pulang. Rombongan sampai di kampus IKIP Siliwangi sekitar pukul 18.10 WIB dengan selamat dan bahagia.