Serupa Tapi Tak Sama
Serupa Tapi Tak Sama

Gengs pernah gak salah tanggap sama maksud seseorang pas kita lagi ngobrol ? nah pasti pernah sih hehe, coba kenapa yah kok bisa gitu ? yuk kita bahas sama-sama .

Hallo sobat bahasa :D , terkadang salah paham dalam percakapan seperti diatas sering terjadi yah. Itu bisa terjadi karena ada beberapa kata atau kalimat yang bentuk dan pelafalannya sama tapi ternyata artinya berbeda gengs. Loh kok bisa :O ? sini-sini mimin jelasin
Menurut Kreidler (1998) dalam buku Leksikal Semantik karya Dr. Reka Yuda Mahardika, M.Pd. mengatakan “sometimes two words sound the same but have different meaning”. Waduh hehe apatuh artinya ?? artinya terkadang dua kata terdengar sama tetapi mempunyai arti yang berbeda. ciah pinter juga mimin ya bisa bahasa inggris hehe

 Nah ini disebut dengan Homonim teman-teman. Menurut Djadasudarma (1994) mengatakan bahwa homonim merupakan hubungan makna dan bentuk bila dua buah makna dinyatakan dengan sebuah bentuk yang sama. Nih mimin kasih contoh ya:
KATA   MAKNA
Bisa ->Mampu
Bisa ->Zat racun
Rapat-> Dekat sekali
Rapat-> Pertemuan
Palu -> Alat untuk memaku
Palu -> Ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah
Nah gengs homonim ini terjadi karena beberapa hal, diantaranya :
1. Homonim terjadi karena adanya bahasa atau dialek yang berbeda, misalnya kata bisa bermakna racun ular dari bahasa Melayu, sedangkan yang bermakna sanggup berasal dari bahasa Jawa. Contoh lainnya kata butuh bermakna kemaluan pria berasal dari dialek Melayu, sedangkan bermakna perlu berasal dari dialek Jakarta.
2. Terjadi karena adanya proses morfologi. Misalnya mengukur (me+kukur) kelapa dengan mengukur (me+ukur) luas kebun.
3. Terjadi karena adanya pengaruh bahasa asing. Misalnya buku awalnya bermakna tulang sendi, berubah menjadi kitab setelah adanya penyerapan dari bahasa Belanda, book. Selain itu, bahasa belanda bank yang kemudian dilafalkan bang, menjadi homonim dengan bang bermakna kakak.

Nah gengs, Homonim juga terdapat beberapa kategori nih gengs, mimin jelasin singkatnya nih:
1.Homograf, yaitu kata yang memiliki bentuk tulisan yang sama, tapi ujaran dan maknanya berbeda gengs, contohnya :tahu dalam makna ke 1 tahu berarti makanan yang terbuat dari kacang kedelai, sedangkan dalam arti ke 2 tahu artinya mengerti.lanjut nih gengs
2. Homofon, itu adalah kata yang memiliki ujaran yang sama, tetapi makna dan bentuk tulisannya berbeda gengs. Contohnya :
Kata Makna
Bang-> Kakak laki-laki
Bank-> Badan usaha di bidang keuangan yang mengeluarkan dan menarik uang dalam masyarakat, terutama memberikan kredit dan jasa dalam pembayaran dan peredaran uang.

Nah gengs itu dia ragam homonim, jadi intinya terkadang ada kata yang bentuknya sama atau pelafalannya sama, itu belum tentu punya arti yang sama yah gengs hehe semoga bermanfaat yah?
Terimakasih sudah membaca :)