Tips Untuk Menghindari Kebiasaan Overthinking
Tips Untuk Menghindari Kebiasaan Overthinking

Seberapa sering kamu overthinking? Apa sih yang membuat kamu sering overthinking? Terkadang kita terlalu memikirkan segala sesuatu secara berlebihan sehingga dalam pikiran bertanya-tanya “gimana ya aku nanti?” “aku bisa gak ya?” pokoknya banyak pertanyaan-pertanyaan yang berputar dalam pikiran sendiri. Hal itu sebenarnya tidak baik untuk kesehatan mental kita sendiri karena terlalu berpikir pada sesuatu yang belum terjadi sesuai apa yang kita pikirkan.

Overthinking atau berpikir secara berlebihan membuat seseorang cemas, khawatir, tidak tenang, dan merasa ketakutan terhadap segala hal yang belum terjadi. Overthinking sering kali dialami oleh remaja dan orang dewasa yang sedang masa-masanya memikirkan segala hal yang ada dalam hidupnya. Pada media sosial twitter seringkali orang membuat twit seperti “waktunya overthinking”, “a day without overthinking”, “please stop overthinking, I’m tired” dan masih banyak cuitan-cuitan seputar overthinking lainnya. Hal itu terbukti banyak orang yang sering merasa overthinking. Berpikir untuk segala sesuatu bahkan memikirkan masa depan memang bagus agar kita mempunyai tujuan hidup seperti apa, tapi berpikir secara berlebihan itu tidak bagus. Inilah 7 tips agar kita tidak sering overthinking berdasarkan pengalaman dan beberapa literatur yang pernah dibaca.

1. Olahraga atau beraktivitas

Olahraga merupakan salah satu tips agar tidak sering melakukan overthinking ketika malam hari karena dengan berolahraga badan kita akan terasa kelelahan sehingga ketika malam hari akan merasa ngantuk dan pikiran bisa istirahat dengan tenang. Selain itu, dengan olahraga salah satu tipsnya yaitu melakukan banyak aktivitas karena dengan beraktivitas kita akan disibukkan dengan kegiatan yang dilakukan sehingga tidak terlalu banyak waktu luang untuk berpikir secara berlebihan.

2. Bersosialisasi

Bersosialisasi merupakan salah satu tips juga agar tidak sering overthinking karena dengan bersosialisai kita dapat berinteraksi bahkan bisa bertukar pikiran dengan orang lain. Dengan begitu, masalah atau sesuatu yang sedang kita hadapi bisa terselesaikan dan tidak dipendam oleh sendiri yang menyebabkan overthinking.

3. Fokus pada masalah yang akan diselesaikan

Jika kita memiliki masalah sebaiknya fokus pada solusi yang kita hadapi bukan terus dipikirkan yang menyebabkan overthinking. Dengan melakukan overthinking masalah tidak selesai tapi menambah masalah baru.

4. Percaya kepada Tuhan

Semua masalah yang ada dalam hidup kita itu adalah pemberian Tuhan. Oleh sebab itu, jika memiliki masalah atau kesulitan serahkan dan percayakan semuanya kepada Tuhan dengan berdo’a dan meminta petunjuk karena dengan berdo’a dan mempercayakan semuanya kepada Tuhan pikiran dan hati kita akan tenang sehingga tidak akan merasa overthinking. Bagi umat muslim dalam Al-Qur’an disebutkan “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya” (Qs. Al-Baqarah; 286). Oleh sebab itu, percayakan semua urusan dan takdir kita kepada Tuhan dengan rajin meminta kepada-Nya dibandingkan terus melakukan overthinking.

5. Perbaiki diri menjadi versi terbaikmu

Terkadang overthinking karena kita selalu memikirkan hal yang ada dalam diri kita. Kita seolah merasa masih banyak kekurangan dan tertinggal oleh orang lain sehingga masalah-masalah itu jadi bahan overthinking. Pada lagu Let it go ada salah satu lirik yaitu “it’s time to see what I can do”. Jadi mulailah belajar dari sekarang untuk memperbaiki diri tanpa menjadikan standar pencapaian dan kelebihan orang lain pada hidup kita, tapi fokus untuk memperbaiki diri sendiri dengan versi terbaikmu.

6. Jangan menyalahkan diri sendiri

Segala hal yang terjadi atau kekurangan yang kita miliki janganlah sampai menyalahkan diri sendiri yang menyebabkan overthinking. “kenapa dulu aku gak gini ya”, “ah coba dulu gini” banyak perkataan-perkataan yang berputar dalam pikiran dengan menyalahkan diri sendiri sampai pikiran pusing sendiri. Padahal apa yang sudah terjadi jadikan sebuah pembelajaran dan kekurangan yang kita miliki tutup dengan kelebihan-kelebihan yang kita miliki. Dengan begitu kebiasaan overthinking akan sedikit berkurang.

7. Jangan membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Sering overthinking salah satu penyebabnya yaitu kita yang sering membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Kita selalu melihat orang lain dan hidup orang lain dijadikan standar hidup kita sehingga sering overthinking. Padahal setiap orang mempunyai jalan hidupnya masing-masing dan mempunyai kelebihannya masing-masing.

Nah, itulah 7 tips untuk menghindari kebiasaanoverthinking, semoga kebiasaan overthinking itu sedikit-sedikit bisa berkurang. Semoga bermanfaat.

 

sumber gambar 

https://www.google.com/search?q=gambar+orang+berpikir&oq=gambar+orang+berp&aqs=chrome.1.69i57j0i512l9.7705j0j7&sourceid=chrome&ie=UTF-8#imgrc=wnTwYyRpIKE33M