Senny Saikha Maharani

Senny Saikha Maharani


Tips Public Speaking Anti Belibet Pakai Cara Ini!
Tips Public Speaking Anti Belibet Pakai Cara Ini!

Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar tentang public speaking? Apakah hanya sekedar keahlian dalam berbicara saja? Meskipun terlihat mudah, seperti "kan cuma ngomong doang" tapi ternyata public speaking ini menjadi salah satu hal yang menakutkan bagi banyak orang loh!

Kenapa public speaking itu penting dan wajib dikuasai oleh semua orang? Karena public speaking itu adalah sebuah kunci keberhasilan, hampir di semua bidang pekerjaan. Public speaking itu bukanlah ilmu bawaan lahir, bisa dipelajari oleh siapapun kita, dan apapun latar belakang kita. 

Banyak orang merasa gugup atau cemas saat harus berbicara di depan umum. Ketakutan ini sering kali disebabkan oleh kekhawatiran akan penilaian negatif, seperti demam panggung, merasa takut kena judge, ditolak, dan dipermalukan. Ada banyak penelitian yang menyebutkan tentang ketakutan terhadap public speaking. Salah satunya CNBC News yang menuliskan bahwa, ketakutan untuk berbicara di depan umum dirasakan oleh 75% orang dewasa. Namun, penting untuk diingat bahwa rasa takut ini adalah hal yang normal dan dapat diatasi.

Kamu yang suka gugup atau masih ngang ngong ngang ngong kalau pas ngomong, jangan sedih. Aku spill satu tips teknik yang sering aku pakai untuk latihan presentasi, biar ngga nge blank dan lebih percaya diri. 

Nama tekniknya "The Rule Of Threes" cara latihannya gampang banget! 

Kamu bisa pilih satu benda dan deksripsikan, apa yang kamu lihat dalam tiga point utama. Ini akan melatih otak kamu untuk bisa berpikir cepat, ngga nge blank pas ngomong dan anti gugup karena membawakannya singkat padat dan jelas.

Contohnya seperti ini:

Misalnya kamu lagi lihat jendela, lalu kamu olah kata jendela itu.

"Jendela dunia adalah analogi dari buku yang punya tiga fungsi utama. Pertama sebagai sumber pengetahuan, kedua penambah wawasan dan ketiga alat untuk memperluas pikiran".

Nah itu dia salah satu teknik dasar untuk menguasai public speaking, selamat mencobanya ya! 

"Menjadi pembicara yang baik itu bisa dipelajari, bukan hanya ditentukan oleh bakat" -Oh Su Hyang